Kamis, 11 Februari 2010

OPLOSAN ESEN (2)

Dari sekian jenis umpan yang biasa dipergunakan di berbagai kolam mancing Galatama, umpan dengan bahan dasar Esen (Essential Oil/Pasta) dan tapioka barangkai merupakan jenis yang paling banyak diminati. Selain praktis, murah juga karena pada umumnya kolam pancing galatama melegalkan penggunaan umpan jenis ini.

Karakteristik yang paling menonjol dari jenis umpan ini adalah adaptasi yang tinggi terhadap berbagai cuaca. Khasanah jenis esen yang demikian beragam dengan teknik oplosan yang memadai niscaya akan mampu menjawab tantangan waktu dan cuaca. Faktor waktu dan cuaca memang sangat penting untuk diperhitungkan oleh setiap pemancing galatama. Para master Galatama umumnya sudah memahami bahwa waktu tertentu dan cuaca tertentu perlu dijawab dengan oplosan jenis tertentu. Sebagai contoh misalnya untuk waktu mancing siang, sore, malam dan atau cuaca cerah, mendung berawan, hujan jenis oplosan masing-masing akan berbeda.

Berikut ini saya akan mencoba berbagi pengalaman cara membuat oplosan esen yang barangkali ada manfaatnya terutama bagi mereka yang terbilang pemula.

Komponen Oplosan Esen pada dasarnya terdiri atas : Ramuan esen Dasar, Esen Inti, Amis/Anyir dan tembakan.

Ramuan Dasar merupakan campuran esen (umumnya beberapa jenis pasta atau gabungan pasta dan oil). Ramuan dasar ini dimaksudkan sebagai perata aroma, sehingga oplosan mengeluakan aroma yang lembut merata.

Esen Inti merupakan esen tunggal atau gabungan beberapa jenis esen (umumnya jenis essential oil). Esen inti dimaksudkan sebagai "zat aktif" yang memberi aroma khas oplosan dan untuk menjawab kebutuhan faktor-faktor yang dominan kondisi medan/ikan.

Amis/Anyir merupakan esen tunggal atau gabungan beberapa esen bearoma amis/anyir, dimaksudkan sebagai penyeimbang sekaligus memberi rasa alami pakan ikan.

Tembakan merupakan esen tunggal atau gabungan beberapa esen dengan karakteristik umumnya bergradasi aroma tinggi/ekstrim, dimaksudkan untuk memberi efek perubahan secara drastis dengan target ikan jenis tertentu (misalnya ikan besar/induk).


Ngooopi dulu......
Ariel Suja'i
0818216767

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar